Ya Faktanya

Pulau Samalona, Daratan Kecil dengan Pesona Luar Biasa

Pulau SamalonaPulau Samalona, Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki pulau-pulau yang indah, tersebar di berbagai penjuru nusantara, tidak terkecuali Makassar yang berada di Sulawesi Selatan.

Kota pesisir ini juga memiliki pulau cantik bernama Samalona yang hanya berjarak kurang lebih 2-3 kilometer dari daratan Makassar. Pulau Samalona ini hanya sedikit lebih jauh daripada Pulau Kayangan, yang sama-sama berada di wilayah Kota Makassar.

Untuk menuju Pulau Samalona, Anda bisa menyewa perahu di Dermaga Kayu Bangkoa atau dermaga yang ada tepat di depan Fort Rotterdam.

Pulau Samalona

Tarif sewa perahu ini sekitar Rp 300.000 sampai Rp 500.000. Bahkan ada juga pemilik kapal yang menawarkan harga Rp 750.000. Untuk itu, pastikan selalu menawar terlebih dahulu sebelum menyewa perahu.

Selain menyewa perahu dari nelayan, Anda juga bisa menyewa dari beberapa dive club yang ada di sana

Dibanding para nelayan, orang-orang dive club ini lebih sadar wisata, sehingga mereka menyewakan kapal dengan harga yang lebih masuk akal.

Kelebihan lainnya, Anda bisa mendapatkan banyak informasi mengenai dive spot dan fishing spot dari mereka.

Alternatif lainnya adalah dengan menggunakan jasa perahu umum yang jadwalnya sudah ditentukan. Dengan perahu umum ini, Anda menjadi satu dengan warga dan penumpang lainnya dengan tujuan yang sama.

Tentu saja ongkosnya relatif lebih murah, hanya sekitar Rp 30.000 saja.

Namun, menyewa perahu sendiri tentu akan lebih nyaman dan membuat fleksibel perjalanan Anda. Agar lebih murah, Anda bisa pergi rombongan bersama teman atau keluarga untuk sharing biaya.

Pulau Samalona

Tiba di Pulau Samalona, Anda akan disambut oleh pantai dengan pasir putih yang bersih. Perairan yang dangkal membuat pulau ini sangat cocok untuk kegiatan snorkeling.

Jika menyewa perahu sendiri, Anda bisa mendatangi beberapa lokasi memancing di sekitar perairan pulau ini. Penyelaman juga bisa dilakukan di sebelah timur dan utara Pulau Samalona.

Dengan menyelam, Anda bisa menemukan bangkai kapal pengebom Lancaster Bomber di kedalaman 30 meter. Bangkai kapal peninggalan Perang Dunia II ini sudah menjadi karang dan sebagai habitat beberapa jenis ikan.

Jika ingin memancing, biaya perahu tentu saja berbeda. Untuk memancing Anda akan diantarkan ke berbagai spot di sekitar pulau ini, sehingga umumnya mereka menarik biaya Rp 750.000.

Baca Juga: Lemo, Kuburan Tradisional Toraja Di Dalam Dinding Tebing

Sejumlah perahu milik penghuni pulau juga bisa disewa untuk mengantarkan Anda memancing.

Pulau Samalona

Nah, kalau Anda tertarik untuk menyelam, Anda bisa menghubungi dive club yang ada di Dermaga Kayu Bangkoa.

Mereka menyediakan paket menyelam dengan harga mulai dari Rp 1.000.000, dengan peralatan selam yang juga bisa disewa dari mereka.

Pulau Samalona

Tapi jika terasa terlalu mahal untuk melakukan penyelaman, kegiatan snorkeling di tepian pulau juga sudah cukup mengasyikkan.

Alat snorkeling bisa disewa di Pulau Samalona dengan harga Rp 40.000. Cukup murah dan Anda tidak perlu repot-repot membawanya sendiri.

Sedikit Info Tentang Pulau Samalona

Sebelumnya Pulau Samalona hanya dijadikan sebagai tempat singgah bagi nelayan saat mencari ikan.

Namun, keindahan pulau ini telah mengundang banyak wisatawan untuk datang dan membuat beberapa orang mendiami Pulau Samalona. Tidak ada fasilitas yang dikelola pemerintah di pulau ini.

Berbagai fasilitas yang ada dikelola sendiri oleh penduduk setempat. Terdapat balai-balai yang bisa disewa seharga Rp 30.000 untuk beristirahat dari teriknya matahari.

Jika ingin menginap, terdapat Rumah Minimalis penduduk yang disediakan dengan tarif sekitar Rp 200.000 per malam.

Pulau Samalona

Rumah Minimalis khas masyarakat pulau yang nyaman dan tenang akan membuat anda semakin betah berada disana saat berlibur.

Penduduk Pulau Samalona menempati bagian tengah pulau yang cukup rindang oleh pepohonan. Sementara itu, di bagian utara pulau terdapat makam yang dikeramatan oleh penduduk setempat.

Selain sebagai nelayan, penghasilan penduduk di sini berasal dari sektor wisata.

Pemandangan alam Pulau Samalona memang telah terkenal di mana-mana. Kunjungan wisatawan yang datang ke pulau ini juga cukup tinggi karena rasa penasaran terhadap keindahannya.

Namun, luas Pulau Samalona terus menyusut dari tahun ke tahun dan diprediksi akan tenggelam pada tahun 2020. Bagi Anda yang ingin datang ke Pulau Samalona, sangat disarankan untuk membawa bekal karena tidak banyak penjual makanan di pulau ini.

Sumber Gambar: Google